29 C
Semarang
Minggu, 17 Januari 2021

Server Gangguan, Pelayanan Disdukcapil Magelang Belum Pulih

Menarik

Sektor Pertanian Perkuat Industri Hulu

WONOSOBO, Radarkedu.Id - Tim Kaukus Lingkungan Kabupaten Wonosobo mewacanakan konsep pemberdayaan ekonomi bagi kelompok tani di Desa Sigedang, Kecamatan...

PMI Kota Magelang Persiapkan Donor Plasma Konvalesen

MAGELANG, Radarkedu.Id – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang mulai mempersiapkan dan mengkaji donor plasma darah konvalesen. Kabid Pelayanan Darah...

Harga Kedelai Tinggi, Perajin Tahu Tempe Hanya Bisa Bertahan

WONOSOBO, Radarkedu.Id - Melonjaknya harga bahan baku kedelai sangat berimbas pada sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM). Utamanya bagi...

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Meski telah buka, pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Magelang belum 100 persen pulih. Ini akibat server Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) mengalami gangguan usai terjadi pemadaman listrik cukup lama beberapa waktu lalu. Disertai uninterruptible power supply (UPS) yang tidak memadai. Kepala Disdukcapil Kota Magelang Larsita mengatakan pihaknya masih memperbaiki server tersebut dengan mendatangkan ahlinya.

Namun dari sekian pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) yang sudah bisa berjalan, hanya layanan pencetakan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik yang macet. Padahal tiap hari ada 170-200 permohonan pencetakan KTP elektronik bagi pemula.

“Perekaman KTP elektronik bisa dan tetap kami layani, namun cetak KTP elektronik sampai hari ini (kemarin, Red) belum bisa. Padahal pengajuannya banyak,” aku Larsita.

Administrator database Disdukcapil Kota Magelang Purwono menjelaskan, server tersebut menyimpan data biometrik semua penduduk yang sudah melakukan perekaman. Baik dari iris mata, sidik jari dan tanda tangan.

“File itu besar sekali, jadi untuk memasukkan lagi ke server butuh waktu. Dan untuk server cetak, awal yang membangun dari Dirjen, di sini kita bangun ulang lagi. Konfigurasinya juga diulang lagi, karena dengan server baru, dan kita juga memasukkan backup ke server itu juga butuh waktu,” tuturnya.

Ia mengaku, tahap perbaikan server tersebut telah mencapi 90 persen. Dalam waktu dekat ditargetkan dapat difungsikan, dan pelayanan pencetakan KTP elektronik berjalan lagi. (put/lis/bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Sektor Pertanian Perkuat Industri Hulu

WONOSOBO, Radarkedu.Id - Tim Kaukus Lingkungan Kabupaten Wonosobo mewacanakan konsep pemberdayaan ekonomi bagi kelompok tani di Desa Sigedang, Kecamatan...

More Articles Like This