25 C
Semarang
Rabu, 27 Januari 2021

Operasi Cukai Rokok Sasar Kranggan dan Pringsurat

Menarik

Santri Khatam 30 Juz Terima Beasiswa Baznas

TEMANGGUNG, Radarkedu.Id - Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten  Temanggung Selasa  (26/ 1/2021) menyerahkan beasiswa tahfidz Alquran kepada 13...

Komunikasi Senjata Utama TNI di Masa Pandemi Covid-19

MAGELANG, Radar Kedu – Kodim 0705/Magelang menggelar sharing komunikasi dan motivasi bersama DR. Aqua Dwipayana di Gedung Prajurit, Rabu (20/1/2021). Sharing...

Belasan Perangkat Desa Dibekali Wawasan Kebangsaan

MAGELANG, Radarkedu.Id –Sebanyak 16 perangkat desa yang lolos seleksi dari 10 desa menerima pembekalan wawasan kebangsaan dari Danramil 22/Tempuran Kodim...

TEMANGGUNG, Radarkedu.Id – Pemkab Temanggung besama Bea Cukai Magelang menggelar operasi gabungan Rabu (5/8/2020). Operasi gabungan tersebut menyasar sejumlah toko di wilayah kecamatan Kranggan dan Pringsurat untuk memastikan tidak ada rokok ilegal.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Temanggung Masrik Amin Zuhdi menyampaikan operasi pasar dilakukan agar masyarakat tertib dalam merokok dan menggunakan rokok bercukai sesuai protokol. “Selain itu operasi kali ini juga sekaligus untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Khususnya pedagang agar tidak menjual rokok tanpa cukai,” terangnya.

Sementara itu, Kasubsi Penindakan dan Sarana Operasi Bea Cukai Magelang, Pratik Sagut Timwanto mengungkapkan pihaknya tidak akan segan menindak tegas pemilik warung rokok tanpai cukai. Namun demikian dalam operasi kali ini tidak ditemukan adanya warung rokok tanpa cukai.

“Apabila dalam operasi ditemukan rokok dengan pita cukai yang tanpa cukai, tentu barang akan dikuasai negara,”ujarnya.

Selain itu, lanjutnya yang bersangkutan juga akan diproses secara ketentuan hukum lantaran menjual rokok ilegal. “Bagi pemilik warung yang melanggar, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 39 T2007 tentang Cukai, akan diancam hukuman minimal 1 tahun penjara,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, para petugas juga menyambangi sejumlah warung atau toko yang menjual tembakau irisan atau rajangan. Pasalnya jika tembakau irisan dijual dan dikemas 2,5 kg dan sudah bermerek harus berizin dan bercukai.

Dijelaskan, selain pita cukai yang kedaluwarsa, ada lima kategori rokok ilegal, di antaranya tanpa dilekati pita cukai atau rokok polos, rokok dilekati pita cukai palsu, rokok dilekati pita cukai bekas, pita cukai bukan peruntukkannya, dan salah personalisasi (pengedaran rokok yang dilekati pita cukai yang bukan haknya).

Operasi gabungan itu sendiri terdiri dari Bea Cukai, Polres Temanggung, Bagian Perekonomian, Satpol PP dan damkar, Disperindag dan UMKM. (tbh/lis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Santri Khatam 30 Juz Terima Beasiswa Baznas

TEMANGGUNG, Radarkedu.Id - Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten  Temanggung Selasa  (26/ 1/2021) menyerahkan beasiswa tahfidz Alquran kepada 13...

More Articles Like This