- Advertisment -

Kabupaten Magelang Terima 100 Ribu Bibit Kopi

MUNGKID, Radar Kedu – Untuk mendukung kopi sebagai salah satu komoditi pertanian, Kabupaten Magelang menerima 100 ribu bibit kopi arabika dari pemerintah pusat. Penyerahan bantuan bibit secara simbolis Kamis (6/8/2020) oleh anggota DPR RI Komisi IV Vita Ervina kepada kelompok tani di kawasan Kecamatan Grabag.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang Romza Ernawan, Kamis (6/8/2020), mengatakan, Pemerintah Kabupaten Magelang saat ini tengah melakukan ekstentifikasi dan intensifikasi untuk komoditas kopi. Terlebih pada permintaan pasar domestik dan ekspor, khususnya untuk komunitas kopi robusta dan arabika yang sangat diminati oleh berbagai kalangan milenial.

“Kami bermimpi, untuk kawasan di bawah lereng Merapi, Sumbing, Telomoyo, Merbabu, Andong dan Menoreh menjadi kawasan kopi arabika,” katanya.

Romza mengaku sangat berterimakasih kepada pemerintah pusat karena telah menggelontorkan bantuan bibit kopi kepada para petani di Kabupaten Magelang. Bantuan ini, kata Romza, memudahkan petani untuk bersemangat menanam kopi.

“Alhamdulillah Kabupaten Magelang mendapat 100 ribu bibit kopi jenis arabika. Bantuan ini kami serahkan kepada 20 kelompok tani yang ada di wilayah Kabupaten Magelang. Jadi setiap kelompok tani menerima 5 ribu bibit. Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik,” ungkapnya.

Salah satu Ketua Kelompok Tani Gemah Ripah Dusun Mejing, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Grabag, Nurodin mengaku pihaknya sangat antusias dalam menyambut bantuan yang disediakan pemerintah bagi ketersediaan bibit kopi arabika.

“Saya sangat berterima kasih tentunya dengan bantuan yang telah disediakan oleh pemerintah tentunya sangat membantu sekali bagi kami para petani kopi,” paparnya.

Nurodin mengungkapkan, Dusun Mejing merupakan salah satu sentra perkebunan kopi yang tersedia di Kabupaten Magelang. Dengan ketinggian sekitar 800-1000 mdpl sebagian warga yang berada di Mejing merupakan petani kopi.

“Sebelumnya budidaya tanaman kopi sudah ada secara turun temurun hanya saja penanamannya belum benar. Lalu diberikan penyuluhan terkait penanaman yang baik dan benar bagaimana penanaman serta perawatan oleh pemerintah.. Penanaman kopi terlebih robusta itu mulai eksis ketika tahun 2013,” ujarnya.

Nurodin mengaku, beriringan dengan bantuan pemerintah, yang semula Dusun Mejing hanya menanam kopi robusta kini merambah ke penanaman kopi arabika. Kemudian untuk penanaman sendiri biasanya dilakukan di lereng-lereng gunung. Karena dapat menangkal longsor maupun erosi. Waktu penanaman juga sekitar bulan November dan Desember lalu untuk panen raya sekitar bulan Agustus dan September.

“Harapan ke depannya Banjarsari bisa menjadi desa wisata. Terlebih yang menyediakan wisata edukasi seputar kopi dan tentunya dapat menambah ketersediaan income warga sekita di sini,” tukasnya (mg1/mg2/had/lis)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Muhammadiyah Salurkan APD dan Alkes ke 7 Provinsi

TEMANGGUNG, Radarkedu.Id – Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) dan alat kesehatan (alkes) ke 30 RS...

Albar Minta Restu Kiai NU

WONOSOBO, Radarkedu.Id - Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Wonosobo silaturrahmi dengan jajaran PCNU di kantor kawasan...

Cegah Korona Giatkan Jalan Sehat

TEMANGGUNG, Radarkedu.Id - Komunitas Among Rogo Among Roso (ARAR) Kabupaten Temanggung menggiatkan olah raga jalan sehat Kamis (15/10/2020). Harapannya...

500 Rumah Warga Miskin Diplester

TEMANGGUNG, RadarKedu.Id – Sebanyak 500 rumah warga miskin mendapatkan bantuan plesterisasi Rabu (14/10/2020). Bantuan berasal dari Badan Amal Zakat...
- Advertisement -

FKPPI Karya Bakti Dukung TMMD

TEMANGGUNG, Radarkedu.Id - Untuk mendukung program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Jlegong, Kecamatan Bejen Minggu (11/10/2020),  Keluarga...

Kholiq Idris : UU Cipta Kerja Marginalkan Kaum Buruh dan Pekerja

WONOSOBO, Radarkedu.id – Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) terus mendapatkan penolakan dari berbagai pihak. Bahkan para wakil rakyat pun...

Must read

Muhammadiyah Salurkan APD dan Alkes ke 7 Provinsi

TEMANGGUNG, Radarkedu.Id – Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyalurkan bantuan alat...

Albar Minta Restu Kiai NU

WONOSOBO, Radarkedu.Id - Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you