29 C
Semarang
Minggu, 17 Januari 2021

Dubes RI untuk Lebanon Tausyiah Kotbah Ta’aruf di SMP Mutual

Menarik

Sektor Pertanian Perkuat Industri Hulu

WONOSOBO, Radarkedu.Id - Tim Kaukus Lingkungan Kabupaten Wonosobo mewacanakan konsep pemberdayaan ekonomi bagi kelompok tani di Desa Sigedang, Kecamatan...

PMI Kota Magelang Persiapkan Donor Plasma Konvalesen

MAGELANG, Radarkedu.Id – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang mulai mempersiapkan dan mengkaji donor plasma darah konvalesen. Kabid Pelayanan Darah...

Harga Kedelai Tinggi, Perajin Tahu Tempe Hanya Bisa Bertahan

WONOSOBO, Radarkedu.Id - Melonjaknya harga bahan baku kedelai sangat berimbas pada sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM). Utamanya bagi...

MAGELANG, Radarkedu.Id – SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang mengadakan kotbah ta’aruf secara virtual Sabtu (8/8/2020). Kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap awal tahun ajaran baru. Dengan tema “Menjalin spirit silaturahim dan menumbuhkan kepedulian di era Covid-19”. Acara dihadiri Duta Besar (dubes) Republik Indonesia untuk Lebanon Drs. Hajriyanto Y Tohari, MA.

Kepala SMP Mutual Kota Magelang Wasi’un, M. PdI kotbah ta’aruf merupakan agenda rutin di setiap awal tahun. Diharapkan acara ini mampu merekatkan silaturahim di antara siswa, wali murid, dan guru.

“Meski pandemi, kegiatan ini tetap dilaksanakan melalui virtual yaitu dengan aplikasi zoom dan streaming youtobe yang bisa diikuti oleh semua pihak. Tidak hanya siswa dan  wali murid”, katanya.

Kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19 baik oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Magelang H. Solichin, S.Ag, Sekretaris Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Drs. Syahid, M. Pd, dan juga Ketua Komite SMP Mutual Dian Nur Pratiwi, SH, MH, Li.

Dubes Drs. Hajriyanto Y Tohari, MA dalan tausyiahnya mengatakan ta’aruf dapat menjadikan perekat silaturahmi yang mengantarkan dalam bingkai ta’awun (tolong-menolong).

“Kota Magelang adalah kota yang excellent. Ada pendidikan militer yang menjadi ikon militer Indonesia. Maka SMP Mutual  tidak hanya maju, akan tetapi selalu unggul,” terangnya.

Lebih lanjut Hajriyanto mengatakan Islam mengajarkan modernitas yang ini harus diterapkan dalam karakter Muhammdiyah. Hal ini sebagaimana dikatakan founding father Muhammdiyah, Kiai Ahmad Dahlan.

“Filantrofi Muhammdiyah telah merealisasikan konsep Islam modern. Dari ta’aruf, ta’awun, melahirkan filantrofi dan volunteer yang cerdas. Karena di Muhammdiyah selalu hadir wajah-wajah keikhlasan dalam membesarkan persyarikatan Muhammadiyah yang selalu melayani umat,” ceritanya.

Hajriyanto yang juga menjadi Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah mendukung sepenuhnya SMP Mutual Kota Magelang sebagai sekolah unggulan. “SMP Mutual harus naik tingkat. Tidak hanya kemajuan, namun selalu unggul dalam segala bidang,”harapnya. (*/ima/lis)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Sektor Pertanian Perkuat Industri Hulu

WONOSOBO, Radarkedu.Id - Tim Kaukus Lingkungan Kabupaten Wonosobo mewacanakan konsep pemberdayaan ekonomi bagi kelompok tani di Desa Sigedang, Kecamatan...

More Articles Like This