27 C
Semarang
Sabtu, 16 Januari 2021

Dapat Remisi Dua Napi Langsung Bebas

Menarik

Sektor Pertanian Perkuat Industri Hulu

WONOSOBO, Radarkedu.Id - Tim Kaukus Lingkungan Kabupaten Wonosobo mewacanakan konsep pemberdayaan ekonomi bagi kelompok tani di Desa Sigedang, Kecamatan...

PMI Kota Magelang Persiapkan Donor Plasma Konvalesen

MAGELANG, Radarkedu.Id – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang mulai mempersiapkan dan mengkaji donor plasma darah konvalesen. Kabid Pelayanan Darah...

Harga Kedelai Tinggi, Perajin Tahu Tempe Hanya Bisa Bertahan

WONOSOBO, Radarkedu.Id - Melonjaknya harga bahan baku kedelai sangat berimbas pada sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM). Utamanya bagi...

TEMANGGUNG, Radarkedu.Id– Dua narapidana Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Temanggung dapat menghirup udara segar setelah memperoleh remisi dalam rangka HUT ke-75 Republik Indonesia. Mereka adalah Ahmad Iman Fudzali terpidana kasus penganiayaan dan Sangap Saputra kasus pencurian.

Kepala Rutan Temanggung Muhammad Anang Kuzaeni menyampaikan ada 71 napi yang mendapatkan remisi di momen Kemerdekaan RI tahun ini. “Dua di antaranya langsung bebas,” ucapnya.

Selain itu pihaknya juga memberikan potongan masa tahanan kepada 24 orang yang mendapatkan remisi satu bulan, 10 orang mendapat remisi dua bulan, 24 orang mendapat remisi tiga bulan, sembilan orang mendapat remisi empat bulan dan dua orang mendapat remisi lima bulan.

“Sebelumnya mereka memang telah diajukan untuk mendapatkan remisi. Syarat utamanya sendiri harus berkelakuan baik selama enam bulan masa tahanan,” tegasnya.

Sementara, saat disinggung soal pengantisipasian penyebaran virus Covid-19 di Rutan Temanggung, Anang menegaskan hingga saat ini belum ada warga binaannya yang terpapar. “Selain berdoa kami juga telah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasinya,” ujarnya.

Salah satunya dengan mengganti kunjungan tahanan dengan video call yang difasilitasi oleh lapas. “Sedangkan jika ada titipan tahanan dari polres, kejaksaan maupun pengadilan kami berlakukan rapid tes terlebih dahulu. Siapa yang mau bertanggung jawab kalau tidak dirapid tes terlebih,” tegasnya.

Kepada warga binaan yang mendapat remisi Anang berharap pemberian keringanan masa hukuman ini menjadi pemicu ke depan untuk hidup lebih baik. “Harapannya dari adanya remisi ini supaya mereka dapat mengambil hikmah pelajaran dari mereka selama berada di dalam rumah tahanan ini. Kelak setelah bebas mereka dapat berguna bagi dirinya sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara,” harapnya. (tbh/lis)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Sektor Pertanian Perkuat Industri Hulu

WONOSOBO, Radarkedu.Id - Tim Kaukus Lingkungan Kabupaten Wonosobo mewacanakan konsep pemberdayaan ekonomi bagi kelompok tani di Desa Sigedang, Kecamatan...

More Articles Like This

- Advertisement -