25 C
Semarang
Rabu, 20 Januari 2021

Hadapi Teknologi 4.0, Generasi Milenial Dibekali Skill TIK

Menarik

Belasan Perangkat Desa Dibekali Wawasan Kebangsaan

MAGELANG, Radarkedu.Id –Sebanyak 16 perangkat desa yang lolos seleksi dari 10 desa menerima pembekalan wawasan kebangsaan dari Danramil 22/Tempuran Kodim...

Naik Level, UMKM Kerja Sama dengan PMA-PMDM

MUNGKID, Radarkedu.Id -  Penandatanganan kerja sama kemitraan penyertaan modal asing (PMA) dan penyertaan modal dalam negeri (PMDM) dengan usaha mikro...

Korsleting Listrik, Satu Rumah Terbakar

MUNGKID, Radarkedu.Id- Rumah milik Jayin warga Dusun Batikan, Pabelan, Kabupaten Magelang ludes terbakar akibat korsleting listrik, Minggu (17/1). Semua perabotan rumah...

WONOSOBO, Radarkeud.Id – Puluhan anak muda Wonosobo mendapatkan pelatihan dan skill dalam penguasaan teknologi. Mereka yang berangkat dari lulusan informatika ini bakal diajarkan cara bersaing dalam dunia digital.

“Jadi pelatihan kali ini diberikan untuk 60 peserta yang telah lulus dari SMK atau diploma. Spesifikasinya memang di TIK,” terang Zulkarnaen, kepala BPSDM Kemenkominfo RI Perwakilan Daerah Istimewa Jogjakarta.

Pihaknya menjelaskan pelatihan ini untuk menegaskan kehadiran negara dalam upaya menekan angka pengangguran. Selain itu juga untuk meng-upgrade, atau meningkatkan kapasitas dan kompetensi generasi muda khususnya di bidang TIK (teknologi informatika dan komunikasi).

“Ada 3 program dalam pelatihan ini, yang kita bagi dalam 3 peminatan peserta, yaitu program Junior Officer, Junior Web Developer dan Junior Web Administrator,” terangnya.

Senada dengan hal tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Wonosobo One Andang Wardoyo mewanti-wanti generasi milenial Wonosobo untuk secara serius meningkatkan penguasaan teknologi informatika dan komunikasi (TIK). Hal ini demi memenangkan persaingan sengit global di era industri teknologi 4.0.

“Ancaman yang nyata kini sudah di depan mata. Terbatasnya profesi dan lapangan pekerjaan sebab digantikan dengan sistem digital dan robot yang dianggap lebih efisien,” ungkap sekda di depan 60 peserta pelatihan dan sertifikasi bidang TIK Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI),  yang digelar Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo RI, di Ballroom Kresna Hotel (21/9/2020).

Ancaman lainnya yang mungkin dihadapi generasi muda milenial disebut Andang juga berupa kehidupan yang serba tidak pasti. Mengingat adanya perubahan teknologi yang begitu cepat. Sehingga banyak perusahaan yang terpaksa tutup alias gulung tikar.  “Jika para pemuda hari ini tidak kreatif dan inovatif maka yang terjadi pada akhirnya hanya akan memunculkan banyak pengangguran,” katanya.

Menurutnya, saat ini kita bisa melihat adanya persaingan bisnis semakin dipermudah teknologi digital. Dengan cakupan yang lebih luas hingga menggerus tatanan yang selama ini terbangun secara konvensional.

 

“Maka dengan adanya pelatihan ini saya minta benar-benar bisa dimaksimalkan. Sehingga generasi di Wonosobo ini mampu menjawab tantangan di zamannya,” terangnya. (git/lis)

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Belasan Perangkat Desa Dibekali Wawasan Kebangsaan

MAGELANG, Radarkedu.Id –Sebanyak 16 perangkat desa yang lolos seleksi dari 10 desa menerima pembekalan wawasan kebangsaan dari Danramil 22/Tempuran Kodim...

More Articles Like This