Saran Apa Agar Pelaksanaan Kebijakan di Bidang Pendidikan Dapat Berjalan Efektif di era Pandemi covid 19 ini?
Saran Apa Agar Pelaksanaan Kebijakan di Bidang Pendidikan Dapat Berjalan Efektif di era Pandemi covid 19 ini?

Saran Apa Agar Pelaksanaan Kebijakan di Bidang Pendidikan Dapat Berjalan Efektif di era Pandemi covid 19 ini?

Politik dan strategi nasional merupakan pedoman atau panduan pemerintah di dalam mensukseskan program-program pembangunan. keduanya perlu diimplementasikan di berbagai bidang kehidupan termasuk di dalamnya bidang pendidikan. salah satu wacana yang saat ini sedang hangat dibicarakan adalah tentang pelaksanaan pendidikan di tengah pandemi covid 19.

Pandemi covid 19 telah merubah mekanisme pembelajaran yang semula dengan tatap muka, berganti dengan pembelajaran tatap layar atau tatap maya. keberlangsungan proses pendidikan pun menjadi sangat tergantung pada infrastruktur jaringan dan kesiapan teknologi di setiap jenjang pendidikan. pemerintah berusaha untuk mengatasi persoalan kesiapan teknologi tersebut dengan memberikan bantuan kuota internet gratis bagi pendidik dan peserta didik di jenjang pendidikan dasar, menengah, bahkan hingga jenjang pendidikan tinggi. berkaitan dengan persoalan di atas, kemukakan evaluasi kritis anda terhadap implementasi strategi nasional di bidang pendidikan di era pandemi tersebut.

Soal : Apa saran yang dapat anda berikan agar pelaksanaan kebijakan di bidang pendidikan tersebut dapat berjalan efektif di dalam menjaga kebelangsungan pendidikan di era pandemi covid 19 ini?

Jawaban :

Agar Pelaksanaan Kebijakan di Bidang Pendidikan Dapat Berjalan Efektif di era Pandemi covid 19 ini bisa menjalankan poin-poin penting berikut :

  1. Mengembangkan rencana kontinjensi. Rencana kontinjensi ini mengatur semua hal mulai dari cara menjamin keselamatan para siswa hingga memastikan hak pendidikan mereka terpenuhi.
  2. Mendistribusikan sumber-sumber daya yang dapat mencegah menyebarnya penyakit. Sumber-sumber daya seperti peralatan untuk mengukur suhu tubuh, masker, dan lain sebagainya tersebut dipastikan harus tersedia di semua sekolah.
  3. Menciptakan tim pencegahan penyakit di sekolah untuk mendorong penerapan protokol kesehatan dan keselamatan. Tim ini juga bertugas menyebarkan cara-cara mencegah penyakit, memonitor status kesehatan para siswa dan staf di sekolah, dan melaporkan apabila ada warga sekolah yang terindikasi terjangkit Covid-19.
  4. Memastikan tersedianya dan terdistribusikannya sumber-sumber belajar bagi semua siswa dan guru selama mereka harus menjalankan kegiatan pembelajaran dari rumah.
  5. Menerapkan kebijakan cuti yang fleksibel bagi para orangtua yang harus mendampingi anak-anaknya belajar dari rumah.