25.4 C
Semarang
Kamis, 4 Maret 2021

Santri Khatam 30 Juz Terima Beasiswa Baznas

Menarik

Hilangkan Jejak, Buang Sabu-Sabu di Apotek

TEMANGGUNG, Radarkedu.Id- Saeful Mahmud, 38 warga Desa Trasan, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang kembali mendekam di sel tahanan. Sopir truk...

Mendadak, Anggota Polres Magelang Kota Dites Urine

MAGELANG, Radarkedu.Id– Sebanyak 60 anggota Polres Magelang Kota menjalani tes urine. Itu dilakukan sebagai antisipasi penyalahgunaan narkoba di kalangan aparat...

Korban Hanyut Belum Ditemukan, Tim Hentikan Pencarian

WONOSOBO, RadarKedu.Id - Penambang pasir yang hanyut di Sungai Galuh, Desa Maduretno, Kecamatan Kalikajar belum ditemukan hingga Selasa (23/2/2021)....

TEMANGGUNG, Radarkedu.Id – Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten  Temanggung Selasa  (26/ 1/2021) menyerahkan beasiswa tahfidz Alquran kepada 13 santriawan santriwati yang khatam 30 juz dari sejumlah pondok pesantren.

Beasiswa diserahkan di aula Baznas setempat dihadiri Bupati Temanggung periode 2008 -2013 KH Hasim Afandi yang juga pimpinan pondok pesantren Nida Al-Qur’an Paladan Tegalsari, Kedu, Ketua MUI KH Yakub Mubarok dan sejumlah ulama.

KH Hasyim Afandi  menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Baznas atas kiprahnya memberikan bantuan beasiswa bagi para santriawan santriwati. Diharapkan dengan beasiswa akan semakin banyak para santri yang khatam dan mampu menghafal Alquran. Hal penting adalah mempersiapkan generasi muda para santri yang mampu memahami dan menghafal Alquran sebagai cikal bakal imam salat dan pemimpin masa depan.

Hal senada juga disampaikan Ketua MUI KH Yakub Mubarok yang mengatakan para santri selain mampu khat dan menghafal Alquran juga diharapkan bisa menghafal tafsir Alquran. Dengan demikian pemahaman akan isi kandungan kitab suci Alquran semakin meningkat untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua Baznas Kabupaten  Temanggung  H. Djundardo mengatakan program beasiswa  bagi  santri tahfiz Alquran bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat melalui zakat. Selain itu memfasilitasi para santri  untuk meningkatkan kemampuan menghafal Alquran, beasiswa tahfidz seluruhnya  diberikan kepada 60 santri pondok pesantren yang  khatam Alquran 30 juz. Masing-masing santri menerima Rp 450.000. Untuk tahap pertama ini diserahkan kepada  13 santri. Yakni 2 santri putra dan 11 santri putri dari pondok pesantren Nurul Falah, Al-Hikmah, Al-Munawar, Nida Al-Qur’an, Al-Rifa’i, Talimatul Aulad Al Jalal dan dari ponpes Zaidatul Ma’arif.

Selain beasiswa  tahfidz Alquran, Baznas juga memberikan  beasiswa tuntas SLTA atau disebut dengan bintang baznas . Pada 2020 Baznas  membiayai 300 siswa  yang setiap siswa menerima Rp 4.600.000/ tahun dan  bantuan pendidikan  insidentil dari siswa tingkat TK, SD, SLTP, SLTA bagi anak-anak yang tidak masuk beasiswa.  Program lain yaitu bantuan kesehatan bagi orang miskin, bantuan modal kerja  microfinance.  Juga bantuan  bagi masyarakat yang terkena dampak Covid -19. Bantuan air bersih, bencana kebakaran, bantuan bagi difabel berupa kursi roda, kaki palsu juga alat dengar bagi yang membutuhkan.

“Dana yang kita tasharufkan berasal dari  para PNS  maupun warga masyarakat lainnya yang menyetorkan zakatnya ke Baznas. Diharapkan jumlahnya terus bertambah sehingga banyak program yang bisa digarap  untuk membantu kaum duafa supaya   kesejahteraannya meningkat ” tandasnya. (*/lis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

Hilangkan Jejak, Buang Sabu-Sabu di Apotek

TEMANGGUNG, Radarkedu.Id- Saeful Mahmud, 38 warga Desa Trasan, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang kembali mendekam di sel tahanan. Sopir truk...

More Articles Like This